Tugas Pelaku Ekonomi

November 17, 2009 at 3:00 am (Uncategorized)

Pelaku Ekonomi
UMKM ( Usaha Mikro Kecil dan Menengah )
Usaha Daging
Di UD.DIDI
KOTA BEKASI

NAMA : ELA NURMALASARI
KLS : 2 DD 04
NPM : 30208429

TAHUN 2009

UNIVERSITAS GUNADARMA

KATA PENGANTAR

Segala puji dan syukur kami ucapkan kehadirat Allah SWT atas segala rahmat dan karuniaNya yang telah di limpahkan sejak mencari ide, menyusun , hingga menyelesaikan makalah ini.
Makalah ini tak akan terwujud tanpa pengarahan , bimbingan dan kerja sama semua pihak yang telah turut membantu dalam menyelesaikan makalah ini.
Saya menyadari makalah ini masih banyak kekurangan, karena masih ada kekurangan dalam memberikan pengarahan. Oleh sebab itu, untuk perbaikan dan menyempurnakan makalah ini, kritik dan saran yang bersifat membangun sangat di harapkan. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi yang berkepentingan, dan khususnya untuk para mahasiswa dapat menjadi referensi dalam pengembangan wacana bidang ekonomi.

i

Bab 1
PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang

Pada saat ini tantangan dan hambatan yang dihadapi dalam dunia usaha semakin besar. Salah satu kegiatan yang pesat perkembangannya yaitu kegiatan jual beli (perdagangan). Khususnya dalam bidang usaha dagang, persaingan terjadi semakin ketat hal ini di tandai dengan banyaknya usaha dagang yang menerapkan berbagai strategi untuk mempertahankan kelangsungan usahanya.
Salah satu bentuk usaha dagang mandiri (Ritel) yang masih bertahan di tengah persaingan usaha dagang yakni usaha dalam penjualan kebutuhan pokok bahan makanan, seperti lauk pauk, sayur mayur, buah-buahan dan lainnya yang termasuk dalam kebutuhan sembilan bahan pokok.
Dengan terjadinya kenaikan harga-harga pada berbagai aspek termasuk diantaranya kenaikan harga kebutuhan sembilan bahan pokok (sembako)yang salah satu contohnya adalah kenaikan pada harga lauk pauk dalam kasus ini adalah daging. Para pedagang daging baik itu daging sapi, kerbau, maupun kambing semakin sulit untuk menentukan harga yang sesuai demi mempertahankan kelangsungan usaha dan mempertahankan konsumennya. Dilatar belakangi masalah tersebut maka para pedagang dituntut untuk mengembangkan berbagai strategi pemasaran yang efektif dan efisien.

1.
Bab 2
Aspek Kelembagaan

2.1 Gambaran Umum UD. Didi
Usaha Ini bergerak di bidang dagang, yang bernama UD. Didi, yang didirikan oleh Bapa wahidin.UD.Didi beralamat di Jl. Jendral Ahmad Yani 1 Bekasi Lt.2 pasar baru Kota Bekasi dipimpin oleh Bapak Didi sendiri selaku pendiri usaha, kemudian dibantu oleh beberapa tenaga kerja yang sebelumnya sudah ditentukan mesing-masing bagian kerjaannya. UD.Didi didirikan dengan mengantongi izin dari dinas perdagangan kota bekasi berupa Surat Izin Usaha (SIUP) No. 188/sk/003-DIPA/1993, dan sejak saat itu Bapak Didi dapat menjalankan usahanya dan mempunyai meja dagang/kedudukan tempat usaha yang syah meurut peraturan pemerintah kota Bekasi.

2.2 Stuktur Organisasi
UD.Didi dalam pelaksanaan usahanya dibantu oleh beberapa karyawan yang secara struktural terdiri atas beberapa bagian, yakni:
– Pengelola UD.Didi
1. Pimpinan
2. Asistent pimpinan
Untuk pengurus pada UD.Didi dibantu oleh 5 orang karyawan yaitu:
– Bagian Transportasi, Bagian Menimbang, Bagian Pengulitan, Bagian Pemotongan, Bagian Pengolahan Tulang

2
2.3 Tugas Dan Tanggung Jawab
Pimpinan
Tugas Dan Tanggung Jawab Dalam stuktur Organisasi UD.Didi yaitu Bapak Didi sendiri, beliau adalah seorang pimpinan yang mengorganisir secara keseluruhan di dalam organisasi UD. Didi.
Asistent Pimpinan
Dibawah Pimpinan UD. Didi perlu ada seorang asistent (Andre) yang menggantikan posisi pimpinan disaat pimpinan sedang tidak ada di tempat, tugasnya adalah menggantikan kedudukan pimpinan untuk mengkoordinasikan para karyawannya.
Karyawan
Dalam stuktur organisasi usaha dagang, karyawan adalah tingkatan bawah yang bekerja untuk berjalananya kegiatan disuatu organisasi UD. Didi Karyawan mempunyai beberapa bagian yang diantaranya :
1. Karyawan Bagian angkutan
Proses dalam pengantaran daging dari tempat pemotongan ternak (jagal) sampai ketempat lokasi pasar baru bekasi.
2. Karyawan Bagian menimbang
Proses menimbang daging yang baru sampai di lokasi untuk mencocokan berat timbangan daging dari karkas pemotongan ternak
3. Karyawan Bagian pengulitan
Proses pembukaan daging dari lemak daging,.
4. Karyawan Bagian pemotongan
Proses pemotongan bagian-bagian daging setelah dari pembukaan lemak daging
5. Karyawan Bagian pengolahaan tulang

3

Bab 111
Aspek Usaha

3.1 Jenis dan Proses Produksi
Kegiatan usaha yang dilakukan pada UD.Didi adalah sebagai pengecer daging. Dimulainya rutinitas usaha pada UD.Didi pada jam delapan malam hingga jam sepuluh pagi. Yakni pergi ke tempat hewan ternak (sapi/kerbau) yang berada diderah tambun, Kota Bekasi. Guna untuk memilih ternak mana yang akan dipotong dan dikonsumsi oleh konsumen. Dalam memilih kondisi ternak yang bagus, UD.Didi memberitahu kepada karyawan serta penulis dengan cara melihat kaki-kaki dan yang tulang rusuk berukuran kecil. Pada awal Pengenalan lokasi, penulis melihat pemotongan hewan dan jenis hewan ternak yang berada didaerah tambun Kota Bekasi. Kemudian proses pemotongan hewan dijagal tambun mengenalkan cara pemotongan yang baik dan benar, berdoa sebelum disembelih serta bagian tubuh yang menghadap kekiblat. Setelah disembelih kemudian proses pengulitan/pemisahan kulit dari daging, usus dan perutan serta buntut (ekor).
Setelah penimbangan dari karkas, proses pengantaran kemudian diantar ke lokasi penjualan pada UD.Didi yang berlokasi dipasar baru Kota Bekasi. Proses timbang dilakukan kembali hanya untuk mencocokan antara timbangan dikarkas dan UD.Didi. Dalam hal tehknik memotong dan menguliti lemak dari daging diperlukan pengetahuan yang jelas tentang bagian yang akan dipotong. Agar semua bagian sesuai dengan timbangan.

4

3. 2 Pemasaran UD. Bpk. Didi
Dengan cara menjual langsung ke konsumen, pengenalan setiap pelanggan secara lebih dekat dengan menciptakan komunikasi dua arah (hubungan pemasaran dengan komunikasi timbal balik yang intens antara penjual dan pembeli).
Dengan metode diatas UD. Bpk. Didi Dengan mencari cara kepuasan konsumen terhadap pelayanan, agar strategi mulut ke mulut (word of mouth) bisa bertahan. Hal ini berharapnya terjadi rekomendasi dari pelanggan tetapnya ataupun pelanggan baru.

3. 3 Distribusi Pasar
UD. Bpk. Didi melayani penjualan Daging secara langsung kepada konsumen, Namun bisa juga melakukan Delivery ( pengantaran langsung dalam lingkup daerah bekasi yang tidak jauh dari tempat usaha Bpk. Didi ).

5
Bab 1V
Aspek Keuangan

4. 1 Administrasi
 Prosedur
Dari hal ini yaitu dengan menghitung seberapa banyak ternaknya di potong agar bisa mengetahui seberapa besar pendapatan dari penjualan. Sehingga perputaran roda keuangan akan terus berjalan.
Contoh : Dari harga per/kg harga sapi RP. 65.000. namun, harga pembelian dari harga karkas jagal ( tempat pemotongan ternak ) membeli dengan harga Rp.55.000. hal ini bisa di buktikan dengan per/hari Bpk. Didi menjual daging dari penjualan kecil 200kg per/hari dan penjualan Besar 600kg.

Namun penjualan itu belum dikatakan bersih karena harus dilihat dari pengeluran yang bpk. Didi keluarkan. Dari mulai Pengajian Karyawan, Bahan Kendaraan, dan pengeluran2 lainya.

6

Bab V
Penutup

5. 1 Kesimpulan

Dalam Usaha ini UD.Didi hanya menjual daging kepada konsumen, UD. Bpk. Didi melayani penjualan Daging secara langsung kepada konsumen, Namun bisa juga melakukan Delivery ( pengantaran langsung dalam lingkup daerah bekasi yang tidak jauh dari tempat usaha Bpk. Didi ).  Volume dan Konsep
Didasari dengan niat dan tekad yang besar juga pengalaman yang cukup untuk memulai usaha disertai dengan modal yang relative kecil maka Bapak Didi mendirikan usaha dagang penjualan daging di Pasar Baru Bekasi.maka tepatnya pada tahun 1995

7
Daftar isi

Cover…………………………………………………………………………………….
Kata pengantar………………………………………………………………………i Daftar Isi……………………………………………………………………………….ii

Bab 1, Pendahuluan
1.1 latar belakang…………………………………………………………..1

Bab 11, Aspek kelembagaan
2.1 gambaran umun U.D Didi……………………………………………2
2.2 Stuktur Organisasi………………………………………………………2
2.3 Tugas dan tanggung Jawab…………………………………………..3

Bab 111, Aspek Usaha
3. 1 Jenis dan Proses Produksi……………………………………………4
3. 2 Pemasaran U.D Didi……………………………………………………5
3. 3 Distribusi Pasar…………………………………………………………..5

Bab 1V, Aspek Keuangan
4.1 Administrasi……………………………………………………………….6

Bab V, Penutup
5.1 Kesimpulan………………………………………………………………..7

ii

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: