Tugas Materi Bab 1 dan 2

November 17, 2009 at 3:02 am (Uncategorized)

Tugas Materi

Pengantar Ekonomi Pembangunan

Nama : Ela Nurmalasari

Kls : 2DD04

Npm : 30208429

Bab 1
1. Kebutuhan dan Perhatian Pada Ekonomi Pembangunan

Pembangunan ekonomi menduduki peran yang sangat penting bagi negara-negara di seluruh dunia, terutama setelah perang dunia ke dua.
Berkaitan dengan perhatian di bidang ekonomi, berkembang disiplin ilmu yang merupakan cabang dari ilmu ekonomi yang membahas masalah-masalah pembangunan ekonomi. Cabang ilmu ekonomi yang khusus membahas pembangunan ekonomi tersebut adalah Ilmu Ekonomi Pembangunan. Beberapa alasan yang menyebebkan berkembangnya perhatian terhadap masalah-masalah pembangunan ekonomi :
1. Negara-negara yang bertindak sebagai penjajah
2. Pada saat terjadi penjajah, negara-negara yang berstatus menjajah belum berkepentingan untuk memikirkan untuk memikirkan pembangunan ekonomi di negara jajahan.
3. Pusat perhatian negara-negara yang sedang dijajah lebih ditentukan pada masalah politik

2. Cakupan Bahasa Ekonomi Pembangunan

Yang dimaksud dengan pembangunan adalah kemajuan yang diharapkan secara sosial dan ekonomi, damn manusia senantiasa mempunyai pandangan yang berbeda dengan apa yang diharapkan. Oleh karena itu pembangunan harus berarti kemajuan dalam kondisi hidup, dan untuk itu pertumbuhan ekonomi tampaknya merupakan jalan keluar yang tidak dapat di tolak.
Secara luas pembangunan menyamgkutperubahan mendasar dari seluruh struktur ekonomi dan sosial. Menyangkut perubahan dalam produksi dan permintaan maupun peningkatan dalam distribusi pendapatan dan pekerjaan. Dapat disimpulkan bahwa pembangunan ternyata cakupannya lebih luas dari sekedar perubahan keadaan dari miskin ke kaya, dari ekonomi pedesaan tradisional ke ekonomi perkotaan modern.terdapat 3 tujuan yang lebih rinci dari pembangunan ekonomi yaitu :
1. Menaikan pendapatan nasional
2. Meningkatkan produktivitas nasional
3. Pemerataan penduduk untuk seluruh masyaraka

3. Evolusi Makna dan Manfaat Pembangunan

Manfaat yang secara nyata kita amati adalah sebagai berikut :
1. Dengan adanya pembangunan ekonomi output kekayaan dari masyarakat akan
Bertambah
2. Dengan adanya pembangunan ekonomi kesempatan untuk mangadakan pilihan makin menjadi luas
3. Dengan pembangunan ekonomi akan memberikan kemampuan yang lebih besar kepada manusia untuk menguasai alam, dan akan dapat mempertinggi kebebasan manusia untuk mengadakan suatu tindakan tertentu.
4. Dengan pembangunan Ekonomi juga kita dapat memperoleh suatu tambahan kebebasan untuk memilih kesenangan yang lebih luas
5. Akan mengurangi gap antara yang kaya dan yang miskin
6. Akan memungkinkan orang untuk memikirkan lebih banyak sifat-sifat kemanusiaan

Hal yang tidak boleh lupa adalah bahwa pangkal tolak tindakan suatu perekonomian, termasuk pembangunan ekonomi adalah perbandingan manfaat dad biaya.
Konsekuensi dari pembangunan yang kita kerjakan adalah akna menimbulkan perasaan yang bertentangan dalam menanggapi perkembangan ekonomi. Apa yang diharapkan dapat dicapai adalah hapusnya angka kemiskinan , buta huruf, tapi oleh karena itu kita masih terikat pada pranata sosial, maka semangat kemiskinan menjadi tertunda.

4. Pembangunan Ekonomi dan Pertumbuhan Ekonomi

Pembangunan Ekonomi mengandung Pengertian sebuah upaya yang dilakukan oleh suatu negara dengan tujuan untuk mengembangkan kegiatan ekonomi. Secara umum pembangunan ekonomi dapat di definisikan sebagai suatu proses yang mendorong GNP per kapita atau pendapatan masyarakat naik dalam periode waktu yang panjang.
Dari definisi terbagi 3 unsur penting pembangunan ekonomi, yaitu :
1. Pembangunan ekonomi mengandung suatu proses perubahan terus-menerus
2. Berupaya untuk meningkatkan pendapatan per kapita
3. upaya untuk menaikan pendapatan per kapita tersebut harus berlangsung dalam jangka waktu yang panjang

Kelemahan dari definisi pembangunan ekonomi yang secara umum di terima adalah tidak menyinggung masalah distribusi pendapatan di antara anggota masyarakat. Konsep penting lain yang dibahas dalam literatur-literatur ekonomi pembangunan ekonomi. Konsep ini menekankan pada proses kenaikan GNP atau GDP tanpa memperhatikan kondisi pertumbuhan penduduk dan perubahan stuktur ekonomi. Berdasarkan ilustrasi tersebut dapat dikatakan bahwa konsep pertumbuhan ekonomi mempunyai makna yang lebih luas karena memberikan perhatian pada pertumbuhan penduduk dan pertumbuhan stuktur ekonomi. Pertumbuhan ekonomi digunakan untuk manyatakan perkembangan ekonomi yang terjadi di negara-negara maju, sedangkan pembangunan ekonomi menunjukan perkembangan ekonomi yang terjadi di negara-negara edang berkembang. Menurut Reynold Ekonomi pembangunan sebagai suatu aktivitas atau seni yang lebih banyak di lakukan oleh para politisi untuk mencapai tujuan-tujuannya. Dengan demikian untuk sebagian besar pembangunan didefinisikan menurut konteks dan harus merupakan konsep yang terbuka ujungnya, untuk didefinisikan kembali secara terus-menerus sejalan dengan semakin mendalamnya pengertian kita mengenai proses pembangunan, dan sejalan dengan timbulnya maslah-masalah baru yang harus di pecahkan oleh pembangunan.

5. Sekilas Tentang Negara Berkembang

Negara di dunia secara umum dapat di bedakan menjadi 3 kelompok besar,
1. Negara dunia pertama, yaitu negara-negara maju yang terdiri dari negara-negara di Eropa Barat, Amerika Utara, Australia, Selandia Baru dan Jepang
2. Negara dunia kedua, yaitu negara blok komunis yang di pimpin oleh Uni Soviet dan RRC
3. Negara dunia ketiga yang sering juga disebut negara sedang berkembang

Perekonomian suatu negara di katakan maju jika peranan sektor industri sudah cukup dominan, tetapi jika peranan sektor industri masih kecil dan sektor pertanian masih cukup dominan dalam perekonomian maka negara tergolong negara sedang berkembang.
Negara-negara sedang berkembang, sebagian besar terdapat di Asia, Afrika, dan Amerika Latin. Terdapat perbedaan yang tajam dalam negara-negara tersebut dalam hal jumlah penduduk, ciri demografis, historis, kebudayaan dan sistem politik yang dianut.
Tujuan yang ingin di capai oleh negara sedang berkembang adalah mengurangi jumlah penduduk yang miskin, memperkecil ketimpangan distribusi pendapatan, mengurangi pengangguran, pendidikan, dan sarana kesehatan.dan masalah yang di hadapi adalah, penduduk yang masih miskin, kurangnya sarana pendidikan dan kesehatan, meningkatanya hutang luar negeri.
Karakteristik negara sedang berkembang :
a. Standar hidup yang rendah
b. Tingkat produktivitas rendah
c. Pertumbuhan penduduk dan beban tanggungan yang tinggi
d. Tingkat pengguran yang tinggi dan cenderung meningkat
e. Ketergantunagn pada sektor pertanian dan Ekspor barang primer
f. Kekuasaan,ketergantungan dan kepekaan hubungan internasional

Bab 11
Indikator Pembangunan

Pola analisis pembangunan ekonomi sifatnya tidak ditentukan sama sekali. Dalam ekonomi pembangunan dapat dikategorikan dalam 2 golongan, yaitu bersifat deskriptif dan bersifat analisis yang bertujuan untuk memberikan gambaran tentang berbagai sifat perekonomian dan masyarakat dinegara-negara berkembang. Maka analisis pembangunan adalah cabang ilmu ekonomi yang bertujuan menganalisa masalah yang dihadapi oleh negara-negara berkembang.
Indikator pembangunan sangat berguna untuk menganalisis dan mengevaluasi hasil-hasil pembangunan. Idikator pembangunan dapat memberikan gambaran mengenai lajunya perkembangan tingkat kesejahteraan masyarakat yang terjadi di berbagai negara.
Politik dan kebudayaan menpunyai 3 sifat penting di mana pembangunan ekonomi merupakan :
1. Suatu proses yang perbaharuan secara terus-menerus
2. Suatu usaha untuk menaikan tingkat per kapita
3. Terus berlangsung dalam jangka panjang

Dalam pembangunan ekonomi di negara berkembang, akan lebih baik menggunakan strategi pembangunan seperti :
1. Kesempatan kerja luas
2. Pemenuhan kebutuhan hidup pokok
3. Pengembangan Sumber Daya manusia

Persoalan pembangunan ekonomi sangat kompleks di negara yang berkembang. Selain itu indikator pembangunan dapat juga dipergunakan untuk mengetahui syarat-syarat yang di perlukan oleh negra sedang berkembang untuk menyamakan tingkat kehidupannya dengan negara maju. Beberapa indikator pembangunan yang sekalipun telah banyak mendapat kritik tetapi tetap tidak dapat dilupakan perannya dalam menganalisis dan mengevaluasi pembangunan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: